Banda Aceh, InfoPublik - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP USK) menggelar konferensi internasional bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), the 2nd AICMSTE pada Senin (18/9/2023) di Auditorium lantai 2 FKIP. Berita...
Pusat Riset dan Pengembangan-Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
PRP-PMRI
PRP-PMRI
PRP-PMRI
Universitas Syiah Kuala
Menjadi pusat riset terkemuka di Indonesia dalam mengembangkan sikap demokratis, mandiri, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif melalui pendidikan matematika realistik pada tahun 2026
Profil PMRI USK
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) diadaptasi dari pendekatan RME dengan konteks Indonesia. RME dicetus oleh Hans Freudenthal dari Belanda pada tahun 1970-an. Freudenthal berpandangan bahwa “mathematics is a human activity”, artinya matematika dipandang sebagai aktivitas manusia dalam menyelesaikan masalah, mencari masalah, dan aktivitas dalam mengorganisasikan materi pelajaran.
GetMath
Program Remedial dan E-Modul
Melalui aplikasi ini siswa mendapatkan pemahaman, penalaran, dan penerapan matematika berbasis Realistic Mathematics Education yang mengacu pada peningkatan literasi siswa.
– GetMath.id
Universitas Syiah Kuala (USK) Memperingati Milad ke-62 dengan Menyelenggarakan Kuliah Tamu Bertemakan “Environmental Risk Management”
Banda Aceh – Dalam rangka memperingati Milad ke-62 Universitas Syiah Kuala (USK), meyelenggarakan sebuah acara Kuliah Tamu dengan topik “Environmental Risk Management” pada Rabu (20/9/2023). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai...
Inovasi Profesor USK: Mentransformasi Pembelajaran Matematika di SMP Melalui Platform Digital Inovatif
GlobalKini.com | Banda Aceh Universitas Syiah Kuala Darussalam: Tim inovatif dari Universitas Syiah Kuala [USK] telah berhasil menciptakan terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan menghadirkan Platform pembelajaran remedial yang berbasis digital revolusioner...
USK Launching Platform Pembelajaran Remedial GetMath Untuk Siswa SMP
DIALEKSIS.COM | Aceh - Sejak tahun 2020, Pusat Riset dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) Universitas Syiah Kuala (USK) telah mengembangkan platform pembelajaran remedial matematika, sebagai salah satu inovasi pembelajaran berbasis...
YPMIPA Wilayah Aceh Laksanakan Deseminasi dan Refleksi PMRI melalui Program Organisasi Penggerak
Banda Aceh – Program Organisasi Penggerak (POP) Kemdikbud melalui Yayasan Pembina Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (YPMIPA) wilayah Aceh, mengadakan kegiatan deseminasi dan refleksi terkait penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesaia (PMRI). Kegiatan ini...
Kegiatan Observasi Ke Pusat Konservasi YEL (Yayasan Ekosistem Lestari)
Dalam rangka persiapan penelitian “Pengembangan perangkat PJBL terhadap konservasi keanekaragaman hayati” tim peneliti bersama mahasiswa yang terlibat melakukan kegiatan observasi ke pusat konservasi YEL (Yayasan Ekosistem Lestari) di Jantho, Aceh Besar pada hari...
TIM PRP-PMRI USK
Ketua
Prof. Dr. Rahmah Johar, S.Pd., M.Pd.
Wakil Ketua
Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd, M.Pd.
Sekretaris
Prof. Dr. Mailizar, S.Pd., M.Ed.
Bendahara
Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd.
Sejarah PRP-PMRI
Pada akhir 90-an, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengesahkan tim PMRI yang terdiri dari ahli matematika, pengajar matematika dan perwakilan dari perguruan tinggi untuk memimpin reformasi pendidikan matematika. Sejumlah LPTK di Indonesaia membentuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI), termasuk P4MRI Unsyiah yang dibentuk melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 763 tahun 2008. Sejak tahun 2018 P4MRI berubah nama menjadi PRP-PMRI (Pusat Riset dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) berdasarkan SK Rektor Unsyiah No. 2647/UN11/KPT/2018
Tujuan PRP-PMRI
Untuk mewujudkan visi dan misi yang diembannya, PRP-PMRI merumuskan tujuan sebagai berikut.
- Terlaksananya penelitian dan pengembangan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan sikap demokratis, serta pola pikir kritis, kreatif, dan inovatif;
- Terlaksananya workshop dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan dosen dan guru dalam menerapkan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran di sekolah;
- Tersedianya sumber belajar/bahan ajar, dan sarana berbagi pengalaman bagi guru, dosen, dan mahasiswa berkaitan dengan pendidikan matematika realistik;
- Tercapainya kerjasama yang sinergis dengan institusi baik nasional/internasional baik di dalam maupun di luar negeri berkaitan dengan pendidikan matematika realistik;
- Tersebarnya informasi kepada masyarakat berkaitan dengan pendidikan matematika
realistik.
Akreditasi A
Akreditasi A
Akreditasi A
Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Tahunan Pusat Riset (EKT-PR) tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Rektor Universitas Syiah Kuala menyatakan bahwa Pusat Riset dan Pengembangan Matematika Realistik Indonesia mendapat predikat A